CentOS 7 | Kelebihan dan Kekurangan CentOS 7


Kelebihan dan Kekurangan CentOS 7 - CentOS (Community ENTerprise Operating System) adalah proyek komunitas yang diawali menjelang akhir tahun 2003 dengan tujuan untuk menyediakan sistem operasi skala perusahan. Untuk itu, CentOS membangun ulang dengan memanfaatkan kode sumber yang wijib dibebaskan dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) menjadi sebuah distribusi Linux dengan kualitas dan kompatibilitas yang nyaris sama, disamping menyediakan perbaikan sekuriti secara berkala untuk semua paket software yang terkait.

Pada bulan Juni 2006, para pengembang utama distro Tao Linux, kloning RHEL, mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan proyek tersebut dan menggantinya menjadi CentOS development. Para pengguna Tao linux kemudian bermigrasi menggunakan rilis CentOS menggunakan "yum update".

Di bulan Juli 2009, baru diketahui bahwa pendiri CentOS, Lance Davis, telah menghilang sejak 2008. Lance Davis telah menghentikan kontribusinya terhadap proyek tersebut, namun tetap memegang kewenangan atas registrasi domain CentOS dan akun PayPal. Pada bulan Agustus 2009, Tim CentOS melaporkan telah berhasil menghubungi Davis dan mengambil alih kewenangan atas domain centos.info dan centos.org.

Di Bulan Juli 2010, popularitas CentOS meningkat tajam melompati Debian sebagai distribusi linux terpopuler untuk server web, digunakan hampir 30% dari total keseluruhan server web berbasis linux. Walaupun begitu,Debian mendapatkan kembali posisinya pada Januari 2012.

Kelebihan dan Kekurangan CentOS 7


Kelebihan


  1. CentOS sangat kompatibel dengan Red Hat.
  2. Merupakan OS Freeware yang sangat handal untuk skala Enterpise.
  3. Merupakan satu-satunya OS Freeware yang didukung resmi oleh CPanel.
  4. CentOS kompatibel dengan RHEL sehingga drivers RHEL dapat dipakai oleh CentOS.
  5. mudah dipelihara
  6. distribusi yang mandiri, maksudnya adalah distribusi ini bisa dikembangkan tanpa bantuan yang lainnya dalam proses pembangunannya
  7. sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang, terutama untuk lingkungan produksi bukan eksperimental dan lainnya
  8. mudah digunakan bagi pemelihara paket software dan para pengguna
  9. support jangka panjang dari para developernya
  10. pengembangan yang aktif
  11. infrastruktur berbasis komunitas
  12. management yang terbuka
  13. model bisnis yang terbuka
  14. dukungan komersial, diberikan oleh vendor-vendor partner

Kekurangan

  1. Tergantung pada distro Red Hat. Karena itu CentOS selalu keluar setelah Red Hat.
  2. Kata “Enterprise” membuat pemula takut dan memilih Fedora.
  3. Penampilan website CentOS yang kurang menarik (CentOS Indonesia sedang mengupayakan untuk mengupdate website CentOS.org agar tampil menarik).
  4. Kurangnya dokumentasi mengenai CentOS secara khusus.
Jadi CentOS adalah sistem operasi yang membangun ulang dengan memanfaatkan kode sumber RedHat dan menjadikan CentOS memiliki kualitas yang hampir sama dengan RedHat

Gimana? Jadi tahu kan sekarang, Sekian Dulu artikel saya semoga bermanfaat dan saya minta kritik dan saran melalui komentar.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post