Cara Konfigurasi Bridge Di Mikrotik

Assalamualaikum Wr Wb
Hai kawan-kawan kali ini saya akan berbagi sedikir cara konfigurasi Bridge di Mikrotik, Caranya pun sangat mudah dan simpel, Apa kalian Tahu apa itu Bridge? Pasti kalian sering terdengar isitilah Bridge, Apa lagi kalian ini lagi belajar jaringan. Oke Langsung saja kita bahas yha..
A. Pengertian
Bridge adalah suatu metode dimana kita dapat menghubungkan Jaringan LAN satu dengan LAN lainnya, Bridge ini bekerja di Data Link Layer Mode OSI.
B. Latar Belakang
Dimana kita memiliki sebuah Masalah, Dimana terdapat 2 Interface Pada Mikrotik, dan di mikrotik tersebut akan dijadikan 1 Network, maka kita tinggal setting aja mode Bridge pada 2 interface tersebut.
C. Maksud Dan Tujuan
Maksud dan tujuan dari setting bridge ini kita akan menghubungkan 2 interface menjadi satu network.
D. Alat Dan Bahan
  1. Mikrotik yang nau di Config
  2. Kabel LAN 
  3. Laptop
E. Waktu Yang Diperlukan
Waktu yang diperlukan unutk configurasi ini sangatlah cepat tidak terlalu lama, mungkin hanya 10 menit , kita tinggal ke menu Bridge dan kita tambahkan, lebuh jelas di bagian pembahasan.
F. Pembahasam
Nah di bagian pembahasan ini kita tinggal setting aja, simak baik-baik ya guys, jika bingun bisa di tanyakan di komentar nanti.
  1. Langkah Pertama kita masuk ke winbox
  2. Jika udah masuk klik Menu Bridge, Pada Tab Bridge Klik Simbol (+) Kemudian di Tab General Namanya isikan Bridge BC (bebas Guys). kemudian klik Apply dan Ok. 

  3. Disini saya akan MemBridge Ether3 dan Ether4. Setelah itu kita pidah ke Tab Port, kemudian Add dengan klik simbol (+) kemudian di Interface isikan Ether3 dan Bridge isikan bridge yang kita buat tadi. Kemudian Apply dan Ok.
  4. Masih di Tab Port kamu tambahkan lagi sama kayak yang di atas tapi interface nya ganti Ether4 dan Bridge sesuai yang kita buat tadi, Kemudian Apply Dan Ok.


  5. Setelah Settingan Bridge jadi kita tambahkan ip nya dulu ke Menu Ip dan Pilih Addresess. Klik Simbol (+) Kemudian isikan IP Contoh (192.172.23.1/24) interface pilih Bridge yang kita buat tadi, kemudian Apply dan Ok.
  6. Setelah Kita menambahkan Ip sekarang kita bikin DHCP Server, Klik Menu IP Pilih DHCP Server, Di Tab DHCP klik DHCP Setup kemudian Interface Pilih Bridge yang kita buat tadi, Klik Next Sampai Sucsessfull.
  7. Nah Konfigurasinya dah selesai mudah kan?. Langkah selanjutnya tinggal kita cek aja, hubungkan kedua laptop yang satu di ether 3 dan yang satunya di ether 4, apakah mendapat IP yang satu segmen atau satu network? jika iya berarti berhasil dan selamat.
Sekian Dulu Artikel dari saya semoga bermanfaat jika ada kesalahan saya mohon maaf dan jika ada yang di tanyakan silahkan berkomentar.
Wassalamualaikum Wr Wb.

Post a Comment

Previous Post Next Post