Tiga Elemen Penting Proses Komunikasi


Tiga Elemen Penting Proses Komunikasi

Tiga Elemen Penting Proses Komunikasi

Assalamualaikum Wr Wb 
Manusia merupakan makhluk sosial yang mana, mau tak mau membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri. Dengan begitu, manusia perlu adanya interaksi di mana mereka akan selalu bertukar gagasan, ide, pikiran kepada orang lain. Di sinilah disebut sebagai proses komunikasi berlangsung. Jika ditinjau dari cara dan tujuan, bahwa komunikasi memiliki beberapa jenis, namun pada hakekatnya proses komunikasi memiliki komponen atau elemen-elemen penting dalam proses komunikasi.
A. Pengertian : 
Komuikasi adalah suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
B. Latar Belakang :
Ingin memahami tentang 3 Elemen penting proses komunikasi, maka kalian yang ingin memahami baca artikel ini sampai selesai.
C. Maksud Dan Tujuan :
Agar dapat memahami apa itu Source, Destination dan Media Transmisi
D. Pembahasan :
Proses komunikasi dapat dikatakan berhasil bila pesan atau informasi yang disampaikan dari komunikator atau penyampai pesan bisa sampai ke penerima pesan atau bisa disebut komunikan alias receiver. Tentunya, proses komunikasi dapat berjalan jika terdapat elemen penting di dalamnya, seperti halnya media yang dapat membantu proses berjalannya suatu komunikasi yang efektif dan efisien. Selanjutnya, komunikan akan memberikan tanggapan atau feedback yang diterima untuk komunikator. Namun tetap, bahwa keberhasilan proses komunikasi ini tergantung dari beberapa faktor yang mana jika ada hambatan pada salah satu faktor, maka proses komunikasi pun tidak dapat berjalan alias terhambat.  

Elemen Penting dalam Proses Komunikasi

Dengan adanya penjelasan di atas, maka dapat dikatakan bahwa proses komunikasi yang berjalan memerlukan adanya beberapa elemen penting yang mana mampu memberikan pengaruh berhasil atau tidaknya proses komunikasi sehingga pesan atau informasi dapat sampai ke penerima pesan alias komunikan.
Berikut ini adalah tiga elemen penting dalam proses komunikasi yang perlu kita ketahui agar komunikasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Source (Sumber)

Source merupakan tempat di mana suatu pesan atau informasi berasal. Sederhananya, source merupakan sumber pesan yang mana akan disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dengan melalui media transmisi. Suatu pesan atau informasi haruslah jelas dari mana ia berasal, sumbernya dari mana. Karena, pesan yang memiliki sumber yang jelas adalah informasi yang akurat atau asli. Dengan begitu, pesan yang tidak memiliki sumber yang jelas, maka bisa dikatakan sebagai informasi bohong alias hoax. Pesan atau informasi inilah yang tidak bisa kita percaya begitu saja.
Dengan begitu, ketika kita menerima suatu informasi, haruslah jelas dari mana pesan tersebut berasal. Jangan sampai, pesan atau informasi tersebut tidak memiliki sumber yang jelas. Karena, pesan yang tidak bersumber dapat menimbulkan dampak buruk. Yang ada bisa menimbulkan miss communication atau kesalahpahaman.
Begitu juga dengan kita yang selaku komunikator, tentunya memerlukan kejelasan sumber pesan yang akan kita sampaikan. Jangan sampai informasi yang akan kita sampaikan ini tidak memiliki sumber alias sumber yang bohong. Dengan begitu, berhati-hatilah dalam menyampaikan pesan, dan menerima informasi yang beredar. Mengingat, semakin ke sini mulai banyak kita menerima informasi-informasi bohong yang dapat merugikan banyak orang dan hanya menguntungkan satu pihak saja.
Namun, yang lebih ditekankan bahwa source merupakan elemen penting dalam komunikasi yang bereperan sebagai komunikator alias si penyampai pesan. Di sinilah bisa dikatakan bahwa source adalah komunikator alias si penerima pesan.

Destination (Tujuan)

Seorang komunikator, tentunya dalam menyampaikan suatu informasi haruslah memiliki tujuan yang jelas. Untuk apa dan siapa pesan tersebut dituju. Sehingga, ranah dan topik dari suatu informasi bisa jelas dan berjalan dengan efektif.
Destination ini lebih ditekankan pada komunikan alias si penerima pesan. Di mana bisa dikatakan bahwa destination ini adalah siapa dan di mana tujuan pesan ini disampaikan. Sehingga, jika pesan tersebut telah sampai ke tujuan dengan baik, maka bisa dikatakan bahwa proses komunikasi tersebut berjalan dengan baik.
Di sinilah proses komunikasi berlangsung, yang mana pesan atau suatu informasi bisa sampai ke telinga komunikan alias si penerima pesan.
Komunikan sendiri bisa beragam jenis. Bisa perorangan, lembaga, hingga banyak individu. Sehingga, dalam berbicara atau menyampaikan suatu informasi, kita perlu melihat dan meninjau terlebih dahulu siapa dan di mana tujuan komunikasi ini disampaikan. Sehingga kita bisa melakukan filterisasi dalam proses komunikasi atau mengatur proses komunikasi kita agar proses komunikasi bisa berjalan dengan baik, efektif, dan efisien.

Media Transmisi

Di dalam suatu proses komunikasi, diperlukan suatu media agar dapat berjalan dengan baik dan efektif. Di sinilah tujuan media komunikasi dibentuk dan diciptakan. Media komunikasi sendiri pun memiliki beberapa jenis. Dari media komunikasi cetak dan tulis. Jenis-jenisnya pun juga beragam tergantung dari bentuk komunikasi itu sendiri. Apakah komunikasi lisan? Apakah komunikasi tulis? Komunikasi langsung? Atau komunikasi tidak langsung?
Seperti halnya bapak Presiden yang menyampaikan pesan kepada rakyatnya, ia menyampaikan pesan atau informasi tersebut kepada rakyatnya dengan menggunakan media transmisi televisi. Dengan begitu, proses komunikasi bisa berjalan dengan efektif dan efisien.
Itulah tiga elemen penting dalam komunikasi agar proses komunikasi bisa berjalan dengan baik dan efektif. Dengan ketiga elemen penting tersebut, maka proses komunikasi pun memiliki dampak yang baik juga tentunya.
Sekian dari saya semoga bermanfaat , kita ini saling berbagi agar ilmu kita bermanfaat, Share ke teman ya kawan kemudian koment :V
Wasalamualaikum Wr Wb

Post a Comment

Previous Post Next Post