OSI Layer Dan Protocol

Assalamualaikum Wr Wb
          Pada kali ini tepatnya Sabtu 06 Januari 2018 saya akan berbagi atau share mengenai Osi layer dan Protocol yang bekerja di lapisan OSI tersebut, Kenapa OSI Layer harus di bahas? , Karena OSI Layer adalah bagian terpenting untuk mempelajari Mikrotik, jadi sebelum anda memperlajari mikrotik, anda harus memahami dulu Materi OSI layer ini.  
A. Pengertian
           OSI layer adalah Open System Interconnection atau biasa disingkat OSI Merupakan sebuah model referensi dalam bentuk kerangka konseptual yang mendefinisikan standar koneksi untuk sebuah komputer.
B. Latar Belakang 
           Mengetahui dari fungsi OSI layer dan cara kerja OSI Layer dan Protocol-Protocol yang ada pada lapisan OSI tersebut.
C. Maksud Dan Tujuan
        Tujuan dibuatnya model referensi OSI ini adalah agar menjadi rujukan untuk para vendor dan developer sehingga produk atau software yang mereka buat dapat bersifat interporate, yang berarti dapat bekerja sama dengan sistem atau produk lainnya tanpa harus melakukan upaya khusus dari si pengguna.
D. Pembahasan
            OSI layer adalah Open System Interconnection atau biasa disingkat OSI Merupakan sebuah model referensi dalam bentuk kerangka konseptual yang mendefinisikan standar koneksi untuk sebuah komputer.
Lapisan ke-Nama lapisan
Keterangan
7Application layer
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.
6Presentation layer
Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)).
5Session layer
Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.
4Transport layer
Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan.
3Network layer
Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.
2Data-link layer
Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).
1Physical layer
Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.
OSI Layer Dan Protocol
           Kalo udah membaca pengertian masing-masing, selanjutnya kita akan bahas sedikit mengenai Protocol yang ada pada masing-masing layer, 
  • Application
Untuk Layer ini Protocol yang bekerja Adalah SMTP , HTTP, FTP, DNS Dan DHCP mungkin ada yang mau nambahi silahkan berkomentar.
  • Presentation
Protocol yang bekerja adalah Enkripsi, Deskripsi, dan Mime, Saya jelaskan satu persatu ya , untuk Enkripsi biasanya di gunakan pada input sandi atau password, jadi enkripsi untuk menyembunyikan text atau merubah teks menjadi *** , sedangkn deskripsi sebaliknya , dan untuk mime adalah Multipurpose Internet Mail Extension, disingkat menjadi MIME atau mime), merujuk kepada protokol yang digunakan luas di dalam dunia Internet yang memperluas protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), Cara kerjanya Untuk mengirim video, musik dll , karna dulu sembelum ada mime , untuk mengirim video lewat email harus di ubah ke Format ACHI.
  • Session
Di Layer session ini ada yang namanya TCP data session maintenance, dan domain resolve, Domain Resolve adalah proses pergantian IP ke domain, dan biasnya memerlukan waktu sekita 24-48 jam, Seperti DNS lah.
  • Transpot
DI Layer ini protocol yang bekerja adalah TCP dan UDP anda bisa baca di postingan kemarin , Baca Apa Itu UDP dan TCP ?.
  •  Network
Di Layer Network ini ada yang namanya ICMP yaitu Internet Control Message Protocol, Contohnya proses ping, Dan untuk IP atau Internet Protocol sangat penting dan anda harus memahami Pengalamatan IP di Layer Network ini,
  • Data Link
Di Data Link ada yang namanya MAC Address, yaitu Nomor Alamat Device atau perangkat dan tidak ada yang sama, dan terdiri dari angka 0-9 dan huruf A-F , selain itu bukan MAC Address, dan juga ada Switch.
  • Physical
Di layer ini anda akan mempelajari dari Fisiknya yaitu kabel LAN, NIC dll , contoh protocolnya adalah  Ethernet , Wireless , ATM dan PPP,
       Sekian yang bisa saya share semoga bermanfaat bagi semuanya, dan jika ada salah kata atau salah pengertian bisa di sangga di komentar agar admin bisa memperbaikinya, terimakasih..
Wassalamualaikum Wr Wb.

Referensi : Wikipedia dan Materi Mikrotik MTCNA-05-2012.pdf

4 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post