Cara Install Packet Tracer di Linux Mint

Cara Install Packet Tracer di Linux Mint
Assalamualaikum Wr Wb.
Halo, kali ini kita akan bahas bagaimana cara install Packet Tracer di Linux Mint. Namun, sebelum kita membahaas bagaimana caranya, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu Packet Tracer. Mengingat masih ada sebagian besar orang yang belum memahami apa Packet Tracer. 
A. Pengertian 
Jadi, Packet Tracer merupakan simulator alat-alat pada jaringan Cisco yang mana sering digunakan sebagai media pelatihan dan pembelajaran. Selain untuk media pelatihan dan pembelajaran, Packet Tracer ini juga bisa digunakan dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Perlu diketahui, bahwa program ini telah dibuat oleh Cisco System yang mana disediakan tanpa biaya sama sekali alias gratis 100 persen.
B. Latar Belakang
Latar Belakang Dari Install Packet Tracer ini Ingin Belajar atau bisa  Mengkonfigurasi Cisco secara Virtual.
C. Maksud Dan Tujuan
Digunakan Untuk Belajar Cisco secara Virtual.
D. Pembahasan 
Dengan kata lain, bahwa Packet Tracer ini merupakan platform visual sebagai simulasi suatu program yang mana dirancang khusus oleh Cisco System secara gratis untuk disediakan. Program ini bisa dimanfaatkan, jika pengguna ingin membuat tiruan jaringan modern pada komputer atau topologi jaringan komputer. Tentunya, dalam menjalankan aplikasi program ini dimungkinkan pengguna untuk melakukan simulasi konfigurasi router Cisco dan switch antarmuka dalam melakukan perintah simulasi.
Program Packet Tracer ini digunakan pada siswa, alumni, dan fakultas di Cisco Networking Academy. Yang mana fungsi utama dari program ini adalah sebagai penyedia alat untuk para siswa dan pengajar dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk memahami pembelajaran dan prinsip suatu jaringan dalam komputer. selain itu, program ini juga untuk mempelajari dan membangun kemampuan dalam bidang jaringan Cisco, khususnya pada alat-alatnya.

Langkah-Langkah Instalasi Packet Tracer

Selanjutnya, langsung saja kita beranjak bagaimana cara instal Packet Tracer di Linux Mint:
Sebelum kita melakukan instalasi program Packet Tracer, kita siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya. Dan salah satu bahan untuk melakukan instalasi program tersebut adalah Driver Packet Tracer. Dan tentunya, pastikan terlebih dahulu bahwa komputer Anda adalah komputer yang beroperasi sistem Linux/GNU juga memiliki kapasitas ruang yang cukup untuk melakukan instalasi program Packet Tracer.
Anda bisa search di pencarian Google untuk mendowload Driver Packet Tracer. Sedikit tips, bahwa simpanlah file data tersebut ke folder yang mudah Anda ingat untuk menemukannya. Atau Andaq juga bisa men-download-nya di situs resmi Cisco Academy yaitu www.netacad.com.
Jika Anda sudah mendownload atau memiliki driver-nya, Anda bisa buka programnya untuk melakukan instalasi. Pastikan komputer Anda sudah terinstal program Java untuk melakukan download dan instal Packet Tracer. Anda bisa melakukan instalasi Java dengan muda, jika instalasi tersebut melalui terminal yang mana menggunakan defaulty reposity dan perintah:
sudo apt-get install default-jre
Tekan Enter
Jika sudah menginstall Java, anda bisa melihat versi Java yang terinstall. Dan melanjutkan ke proses pengaktifan support untuk arsitektur 32 bit. Karena program aplikasi Packet Tracer membutuhkan arsitektur minimal sebesar 32 bit. Selain itu, kita juga perlu instalasi beberapa dependensi dengan perintah sebagai berikut:
sudo dpkg –add-architecture i386
sudo apt-get update
Berikutnya adalah melakukan extract packet tracer dengan cara mengetikan sebuah perintah dalam dirver-nya. Silahkan Anda ketik sebagai berikut:
Tar-zxvf Cisco-PT-620.tar.gz
Tekan Enter
Setelah Anda extract, silahkan masuk ke direktori tadi yang sudah ter-extract dengan mengetikan suatu perintah seperti tadi. Ketikan perintah seperti ini:
cd PacketTracer62Student/
Tekan Enter
Jika Anda sudah masuk ke dalam direktori, Anda bisa melanjutkan instal dengan menjalankan file installer. Hal tersebut menggunakan perintah seperti tadi yaitu:
sudo ./install
Tekan Enter
Selanjutnya, akan muncul beberapa opsi yang harus dijalankan ketika sedang melakukan instalasi. Tunggulah proses instalasi hingga selesai dan berhasil. Jika proses instalasi sudah selesai, maka kita bisa mulai menjalankan aplikasi program Packet Tracer dengan cara mengetikan satu perintah pada terminal tersebut dengan ketikan:
packettracer
Tekan Enter
Selesai. Aplikasi program Packet Tracer pun sudah bisa dijalankan dan digunakan. Selanjutnya Anda tinggal menjalankan aplikasi tersebut sesuai dengan prosedurnya.
Itulah langkah-langkah cara instal Packet Tracer di Linux Mint. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan bagikan informasi tips penting ini ke orang lain.
Sebelumnya, Cysco System telah memperbarui software Packet Tracer versi 6.3. Kini, Cysco System memperbaharui program Packet Tracer-nya lagi yaitu Packet Tracer 7.0 pada Linux. Program ini memiliki tambahan beberapa fitur yang mana bisa kita lihat pada halaman pertama, saat kita membuka dan menjalankan aplikasi. Di mana salah satu fitur tambahan tersebut adalah halaman log in netacad.com, sehingga memungkinkan pengguna untuk bisa masuk ke netacad jika memiliki akunnya.
Selain halaman log in, Packet Tracer 7.0 ini juga terdapat fitur tambahan yaitu kolom pencarian. Sehingga hal in ibisa memudahkan pengguna untuk mencari perangkat apa yang ingin dicari dan digunakan. Cukup mengetikan perangkat pada kolom pencarian, maka perangkat pun akan muncul dengan sendirinya, sesuai dengan perintah yang kita ketikan.
Wassalamualaikum Wr Wb

Post a Comment

Previous Post Next Post